Berita

Ingat! Mulai 1 November 2023 Pemprov DKI-Polda Metro Jaya Kembali Gelar Razia Uji Emisi

7
×

Ingat! Mulai 1 November 2023 Pemprov DKI-Polda Metro Jaya Kembali Gelar Razia Uji Emisi

Share this article

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dionisius Arya Bima Suci

KILASVIRAL.COM, GAMBIR – Pemprov DKI melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) bersama Polda Metro Jaya bakal kembali menggelar razia uji emisi untuk kendaraan roda dua maupun empat mulai 1 November 2023.

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Pencemaran Udara (Satgas PPU) Pemprov DKI Ani Ruspitawati mengatakan, razia uji emisi ini bakal dilakukan di berbagai lokasi di lima wilayah kota administasi Jakarta.

“Sasarannya adalah kendaraan bermotor roda dua dan empat yang berusia di atas tiga tahun,” ucapnya dalam keterangan tertulis, Jumat (27/10/2023).

Anak buah Penjabat (Pj) Gubernur DKI Heru Budi Hartono ini menyebut, kendaraan tak lolos uji emisi nantinya bakal langsung ditilang oleh petugas kepolisian.

“Pemberian sanksi uji emisi ini sesuai dengan amanat UU Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Nomor 22 tahun 2009,” ujarnya.

Ani menjelaskan, pelaksanaan razia uji emisi yang kembali dilaksanakan ini dilakukan untuk mempercepat penanganan polusi udara di Jakarta.

Pasalnya, kondisi kualitas udara dengan tingkat polusi tinggi di Jakarta beberapa bulan terakhir ini terus disorot.

Kebijakan razia uji emisi ini pun disebut Ani sebagai salah satu bentuk sinergi Pemprov DKI dengan pihak lain dalam mengatasi masalah polusi udara.

“Karena itu, Pemprov DKI berterima kasih dan mengapresiasi berbagai instansi yang telah memberikan dukungan penuh dalam penanggulangan polusi udara di Jakarta,” tuturnya.

Pemprov DKI, disebut Ani kini juga fokus pada perluasan akses masyarakat untuk melakukan uji emisi.

Hingga hari ini, total ada 1.167.870 kendaraan roda empat dan 124.588 kendaraan roda dua yang telah melakukan uji emisi.

Masyarakat pun kini dapat dengan mudah mencari lokasi uji emisi yang tersebar di 342 bengkel untuk kendaraan roda empat dan 114 bengkel untuk kendaraan roda dua.

“Jumlah teknisi yang tersedia untuk kendaraan roda empat sebanyak 950 orang dan 195 teknisi untuk kendaraan roda dua yang tersebar di berenagai wilayah Jakarta,” kata Ani.

Baca artikel menarik TribunJakarta.com lainnya di Google News

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *