Berita

Kasus Anak Stunting di Kayu Putih Jakarta Timur Menurun, Kini Tersisa 5 Balita

25
×

Kasus Anak Stunting di Kayu Putih Jakarta Timur Menurun, Kini Tersisa 5 Balita

Share this article

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

KILASVIRAL.COM, PULOGADUNG – Jumlah anak penderita stunting atau gangguan pertumbuhan fisik dan kemampuan intelektual akibat kurangnya gizi di Kelurahan Kayu Putih, Kecamatan Pulogadung, Jakarta Timur menurun.

Lurah Kayu Putih Tuti Sugihastuti mengatakan jumlah kasus bayi di bawah lima tahun (Balita) penderita stunting yang sebelumnya mencapai 11 orang kini turun menjadi lima anak.

“Enam Balita lainnya sudah sehat, dan sudah ada yang masuk ke sekolah dasar (SD). Untuk lima yang belum sembuh ada di RW 16, RW 15, RW 07, dan RW 03,” kata Tuti, Kamis (2/11/2023).

Enam Balita sempat dinyatakan stunting sembuh setelah mendapat bantuan makanan bergizi dari program orang tua asuh ASN, corporate social responsibility (CSR), dan warga.

Selain pemberian makanan bergizi, anak-anak penderita stunting di Kelurahan Kayu Putih pun turut mendapat vitamin dan suplemen untuk mempercepat pemulihan kondisi.

Bantuan makanan diberikan bergizi dan vitamin diberikan karena dari hasil pemeriksaan anak-anak penderita stunting di Kayu Putih berasal dari keluarga ekonomi tidak mampu.

“Penanganan melibatkan Kader PKK untuk memasak pada Pos Gizi di halaman kantor Kelurahan. Setiap hari Kader PKK memasak dan hasilnya diberikan langsung ke Balita stunting,” ujarnya.

Tuti menuturkan Pos Gizi untuk penanganan Balita stunting didirikan di kantor Kelurahan karena secara tempat lebih nyaman untuk bermain anak-anak bila dibandingkan Sekretariat RW,

Di kantor Kelurahan Kayu Putih pun terdapat area bermain anak, sehingga ketika pemberian asupan makanan bergizi mereka tetap dapat bermain bersama teman-temannya.

“Mereka setiap hari makan dengan jumlah yang cukup banyak. Bahkan ada Balita yang sampai tertidur pulas dan tidak mau pulang. Merasa betah di kantor Kelurahan, karena ada AC juga kan,” tuturnya.

 

Baca artikel menarik TribunJakarta.com lainnya di Google News

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *