Berita

KPU Jakarta Timur Antisipasi Logistik Pemilu 2024 Rusak Akibat Rayap dan Kebakaran

44
×

KPU Jakarta Timur Antisipasi Logistik Pemilu 2024 Rusak Akibat Rayap dan Kebakaran

Share this article

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

KILASVIRAL.COM, CAKUNG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jakarta Timur melakukan upaya pencegahan risiko rusaknya logistik Pemilu 2024 akibat digerogoti rayap dan terjadinya kebakaran.

Mitigasi dilakukan agar logistik Pemilu 2024 selama berada di gudang logistik kawasan Jakarta Industrial Estate Pulogadung (JIEP), Cakung tidak rusak sebelum didistribusikan ke kecamatan.

Ketua KPU Jakarta Timur, Tedi Kurnia mengatakan pihaknya sudah melakukan fumigasi atau pengasapan untuk mencegah hama rayap pada seluruh area gudang logistik yang digunakan.

“Kalau untuk mitigasi rayap kita sudah melakukan fumigasi dari dua hari sebelum logistik Pemilu 2024 tahap pertama diterima,” kata Tedi di Cakung, Jakarta Timur, Sabtu (28/10/2023).

Pada gudang logistik, KPU Jakarta Timur juga menyiapkan palet atau bilah kayu sebagai alas guna mencegah logistik terendam banjir dan suhu lembab saat memasuki musim hujan.

Terkait pencegahan kebakaran pada gudang logistik, KPU Jakarta Timur sudah menyiapkan 13 tabung alat pemadam api ringan (Apar) dan melatih petugasnya melakukan pemadaman awal.

Dalam distribusi logistik Pemilu 2024 tahap pertama yang dilakukan hari ini pun dilakukan simulasi petugas KPU Jakarta Timur saat memadamkan api menggunakan karung basah dan Apar.

“Kami juga sudah bersurat secara resmi ke Kasudin Damkar Jakarta Timur untuk permohonan (bantuan) personel dan mobil Damkar standby satu unit di sini. Untuk antisipasi kebakaran,” ujarnya.

Jajaran KPU, Polres, dan Kodim Jakarta Timur saat meninjau gudang logistik Pemilu 2024 di kawasan JIEP, Cakung, Sabtu (28/10/2023).

Perihal mitigasi gangguan keamanan, Tedi menuturkan terdapat 12 CCTV di area gudang logistik KPU Jakarta Timur untuk membantu pengamanan yang dilakukan petugas gabungan.

Nantinya pengamanan pada gudang logistik Pemilu 2024 akan dilakukan selama 24 jam melibatkan petugas gabungan dari jajaran Polres, Kodim, dan Satpol PP Jakarta Timur.

“Kami koordinasi dengan Kapolres, Dandim, dan pemerintah kota Jakarta Timur, Satpol PP untuk pengamanan 24 jam di area logistik,” tuturnya.

Truk angkut logistik Pemilu 2024 saat tiba di gudang logistik KPU Jakarta Timur.
Truk angkut logistik Pemilu 2024 saat tiba di gudang logistik KPU Jakarta Timur, Cakung, Sabtu (28/10/2023).

Jajaran Polres, Kodim, dan Pemkot Jakarta Timur pun sudah melakukan peninjauan pada gudang logistik KPU Jakarta Timur di Kawasan JIEP untuk memastikan teknis pengamanan.

Pada distribusi logistik Pemilu 2024 tahap pertama yang dilakukan hari ini, sebanyak 6.185 pcs kotak suara, 1.640 pcs bilik suara, dan 185.200 pcs segel plastik yang diterima KPU Jakarta Timur.

Baca artikel menarik lainnya TribunJakarta.com di Google News

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *