Berita

Mengenal Rumus Helmholtz, Rumus Tersulit di Dunia yang Berhasil Dipecahkan Pria Asal Tasikmalaya

5
×

Mengenal Rumus Helmholtz, Rumus Tersulit di Dunia yang Berhasil Dipecahkan Pria Asal Tasikmalaya

Share this article

KILASVIRAL.COM – Mengenal rumus Helmholtz, rumus tersulit di dunia sejak 1882 yang berhasil dipecahkan oleh pria asal Tasikmalaya.

Indonesia patut berbangga atas pencapaian yang diraih oleh orang-orang jenius di Tanah Air. Tak sedikit anak bangsa yang berhasil mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional.

Satu di antaranya Yogi Ahmad Erlangga. Pria asal Tasikmalaya, Jawa Barat itu berhasil memecahkan rumus Helmholtz yang dikenal sebagai rumus tersulit di dunia.

Prestasi yang didapat pria bergelar doktor itu tentulah tidak mudah. Butuh 4 tahun bagi Yogi melakukan riset untuk memecahkan rumus Helmholtz.

Pada tahun 2001, Yogi Ahmad Erlangga memutuskan melaksanakan riset untuk rumus persamaan Helmholtz.

Rumus Helmholtz merupakan salah satu rumus tersulit di dunia dan perlu orang yang sangat cerdas untuk memecahkannya.

Penelitian itu didasarkan pada ‘Ekuasi Helmholtz’ yang sangat dibutuhkan untuk survei cadangan minyak.

Yogi Ahmad Erlangga pun berhasil memecahkan rumus tersulit itu saat menyelesaikan studi S3-nya di Delft University of Technology, Belanda di tahun 2005.

Hasil pemecahan rumus tersebut sontak membuat lingkungan perminyakan gembira. Bagaimana tidak, dengan pemecahan rumus tersebut mereka dapat semakin cepat menemukan sumber minyak di perut bumi.

Lantas, bagaimana sejarah rumus Helmholtz tercipta dan siapa penemunya?

Ini profil Yogi Ahmad Erlangga, matematikawan asal Tasikmalaya yang berhasil memecahkan rumus matematika tersulit di dunia.
Ini profil Yogi Ahmad Erlangga, matematikawan asal Tasikmalaya yang berhasil memecahkan rumus matematika tersulit di dunia. (Kolase TribunJakarta.com)

Penemu Rumus Helmholtz

Dirangkum TribunJakarta.com dari berbagai sumber, rumus Helmholtz ditemukan oleh seorang ilmuwan bernama Hermann von Helmholtz pada tahun 1882.

Helmholtz adalah seorang fisikawan dan ahli matematika asal Jerman.

Rumus Helmholtz biasanya diterapkan di sejumlah industri seperti perminyakan, penerbangan, kapal selam, hingga penyimpanan data.

Rumus ini merepresentasikan bentuk persamaan time-independent gelombang sebagai hasil dari penerapan teknik pemisahan variabel untuk mengurangi kompleksitas analisis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *