Berita

Menlu Berharap Hari Ini Mampu Evakuasi WNI yang Terjebak di Gaza Selatan

33
×

Menlu Berharap Hari Ini Mampu Evakuasi WNI yang Terjebak di Gaza Selatan

Share this article

Laporan Wartawan TribunJakarta.com Elga Hikari Putra

KILASVIRAL.COM – Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi berharap seluruh WNI yang masih berada di Palestina hari ini bisa dievakuasi seluruhnya.

“Hari ini Insya Allah, kita doakan, mudah-mudahan kita akan dapat mengevakuasi satu keluarga lagi dari Gaza Selatan,” kata Retno saat menghadiri Aksi Bela Palestina di Monas, Minggu (5/11/2023).

Retno mengatakan, tim evakuasi memang menemui sejumlah rintangan yang cukup sulit untuk mengevakuasi satu keluarga yang tinggal di wilayah Gaza Selatan.

Sedangkan satu keluarga yang tinggal di Gaza Utara sudah berhasil dievakuasi dan saat ini sudah berada di Mesir untuk kemudian dipulangkan ke Indonesia.

“Yang sudah berhasil kita evakuasi tinggal di Gaza Utara, tantangan utama pada saat itu adalah keamanan. 

Evakuasi memerlukan upaya sampai tiga kali baru berhasil. Karena begitu mereka berangkat kemudian terjadi serangan, kembali lagi dan sebagainya,” papar Retno.

Selain fokus mengevakuasi WNI yang berada di Palestina, Retno mengatakan Indonesia juga mengirimkan bantuan logistik ke Palestina.

Retno mengakui tak hanya melalui pemerintah, keterlibatan masyarakat untuk memberikan bantuan kemanusiaan ke Palestina juga begitu besar.

“Bantuan yang dikirim harus dikurasi dan sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan misalnya air, pembersih air, kemudian obat-obatan. 

Obat-obatan ada antibiotik, ada obat-obatan lain, tapi yang pasti obat-obatan ini tidak memerlukan cold storage karena bahwa tidak ada listrik (di Palestina).

Dan juga makanan siap saji, baju, karena sebentar lagi musim dingin akan tiba. 

Jadi apapun yang diperlukan, kita siapkan,” papar Retno mengenai sejumlah bantuan yang telah dikirimkan Indonesia untuk Palestina.

Baca artikel menarik lainnya TribunJakarta.com di Google News

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *