Berita

Rusunawa, GOR, Hingga Sekolah Jadi Gudang Logistik Pemilu 2024 di Jakarta Timur

27
×

Rusunawa, GOR, Hingga Sekolah Jadi Gudang Logistik Pemilu 2024 di Jakarta Timur

Share this article

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

KILASVIRAL.COM, CAKUNG – Pemkot Jakarta Timur menyatakan gudang logistik Pemilu 2024 pada 10 Kecamatan di wilayahnya, sudah siap digunakan saat proses distribusi mulai bulan Desember 2023 mendatang.

Wakil Wali Kota Jakarta Timur, Iin Mutmainnah mengatakan pihaknya akan menggunakan Rusunawa, GOR, hingga gedung sekolah sebagai gudang logistik untuk Pemilu 2024.

“Intinya kita siap ya, baik tempat maupun pengawasan. Pengamanan bersama Bawaslu, KPU semuanya kita pastikan ready,” kata Iin saat dikonfirmasi di Cakung, Jakarta Timur, Rabu (1/11/2023).

Peninjauan terhadap gudang logistik Pemilu 2024 di tingkat kecamatan sudah dilakukan oleh Pemkot dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jakarta Timur, Selasa (31/10/2023).

Diantaranya pada Rusunawa PIK 2 Penggilingan, Kelurahan Penggilingan, yang akan digunakan untuk gudang logistik Pemilu 2024 bagi Kecamatan Cakung.

Pada Rusunawa PIK 2 terdapat tower gedung Rusun Blok B1 dan B3 yang dari hasil peninjauan dinyatakan representatif untuk penyimpanan logistik KPU bagi tujuh kelurahan di Cakung.

“Hanya tinggal kita persiapkan kebersihan dan ‘meubeleir’ (kursi dan meja) untuk petugas, dan ini akan kita lakukan bersamaan dengan para UKPD (Unit Kerja Perangkat Daerah),” ujar Iin

Sementara terkait sekolah yang direncanakan menjadi gudang logistik Pemilu 2024 di antara pilihannya yakni gedung SDN 02 Kalisari atau SDN Baru 05 di wilayah Kecamatan Pasar Rebo.

Camat Pasar Rebo, Mujiono menuturkan kedua gedung sekolah tersebut sama-sama sudah tidak dipergunakan untuk kegiatan belajar sehingga menjadi pilihan untuk gudang logistik Pemilu 2024.

Namun Dinas Pendidikan dan Dinas Citata DKI Jakarta menyarankan gedung SDN Baru 05 lah yang digunakan untuk gudang logistik Pasar Rebo, karena kondisinya lebih layak dibanding SDN 02 Kalisari

“Kondisi SDN Baru 05 memang tidak sebesar SDN Kalisari 2 ketersediaan ruangannya, namun cukup untuk persiapan pengolahan dan penataan logistik pemilu PPK,” tutur Mujiono.

Untuk sekarang, logistik Pemilu 2024 masih berada di gudang logistik tingkat kota Jakarta Timur yakni di kawasan Jakarta Industrial Estate Pulogadung (JIEP), Kecamatan Cakung.

Direncanakan pada 1 Desember 2023 mendatang logistik Pemilu 2024 meliputi kotak, bilik suara, surat suara, tinta, segel plastik, dan lainnya sudah dapat didistribusikan ke kecamatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *