Berita

Setahun Dipimpin Pj Gubernur Heru, Pertumbuhan Ekonomi Jakarta Meningkat

45
×

Setahun Dipimpin Pj Gubernur Heru, Pertumbuhan Ekonomi Jakarta Meningkat

Share this article

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dionisius Arya Bima Suci

KILASVIRAL.COM, GAMBIR – Angka pertumbuhan ekonomi di Jakarta terus meningkat. Hingga triwulan II 2023, angka pertumbuhan ekonomi Jakarta mencapai 5,13 persen, atau tumbuh 0,18 persen dari triwulan sebelumnya.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) Provinsi DKI Jakarta Suharini Eliawati mengatakan, keberhasilan ini tidak terlepas dari tangan dingin Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono dalam memimpin Jakarta selama setahun terakhir ini.

Menurutnya, model kepemimpinan Heru sukses menahan inflasi sesuai target pemerintah pusat sebesar tiga persen plus minus satu dan selalu di bawah nilai inflasi nasional.

“Hal ini tercapai melalui kerja sama yang baik dari Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Provinsi DKI Jakarta di bawah kepemimpinan Bapak Heru Budi Hartono,” kata Eli dalam keterangan tertulis, Kamis (26/10/2023).


Terkait dengan itu, selama dipimpin  Heru, Pemprov DKI Jakarta berhasil menyabet dua penghargaan sekaligus sepanjang 2023 ini. Pertama, penghargaan TPID Terbaik 2022 untuk kategori provinsi di wilayah Jawa dan Bali yang diberikan langsung oleh Presiden Joko Widodo pada 31 Agustus 2023 lalu.

“Kemudian, tanggal 29 September 2023 lalu, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mengapresiasi Pj Gubernur Heru karena berhasil menjadi kepala daerah yang mengkoordinasikan seluruh Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) di Jakarta di tengah tantangan inflasi,” ujar Eli.

Bank Indonesia (BI) Provinsi DKI Jakarta mencatat, inflasi di ibu kota secara kumulatif selama periode Januari hingga September 2023 mencapai 1,89 persen, di bawah angka inflasi nasional sebesar 2,28 persen.

Data Badan Pusat Statistik (BPS) juga menunjukkan, inflasi tahunan Jakarta turun signifikan pada September 2023. Bahkan, angka inflasi ini menjadi yang terendah dalam satu setengah tahun terakhir.

“Pergerakan inflasi tahun ke tahun (year on year/yoy) di DKI Jakarta pada 2021 sampai 2022 menunjukkan tren meningkat. Sementara, pada 2023 terjadi sebaliknya, yaitu cenderung menurun,” ucap Pelaksana Tugas (Plt) Kepala BPS Provinsi DKI Jakarta Dwi Paramita Dewi.

Pada September 2022, BPS mencatat, angka inflasi tahun ke tahun di Jakarta mencapai 4,61 persen. Angka ini turun signifikan pada September 2023 yang berada di kisaran 1,89 persen.

Dwi menambahkan, angka inflasi bulan ke bulan di Jakarta sepanjang 2023 ini juga stabil dibandingkan periode 2021 sampai 2022 lalu. Hingga September 2023, tingkat inflasi bulanan terpantau di kisaran 0,01 persen sampai 0,36 persen, dengan satu kali deflasi pada Mei lalu.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi DKI Jakarta Arlyana Abubakar menegaskan, komitmen BI dalam bersinergi dengan Pemprov DKI Jakarta untuk memperkuat pertumbuhan ekonomi dan menjaga inflasi.

“Di antaranya menjaga daya beli dan keberlangsungan pertumbuhan konsumsi rumah tangga dengan mengendalikan inflasi tetap rendah dan stabil. Kedua, optimalisasi dan akselerasi realisasi belanja pemerintah, terutama belanja modal terkait proyek strategis, termasuk peningkatan elektronifikasi transaksi pemerintah daerah, salah satunya menggunakan QRIS,” tutur Arlyana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *