Berita

Wanti-Wanti Hadapi Musim Hujan, Anggota DPRD DKI Kenneth: Pemprov Harus Antisipasi Ancaman Banjir

81
×

Wanti-Wanti Hadapi Musim Hujan, Anggota DPRD DKI Kenneth: Pemprov Harus Antisipasi Ancaman Banjir

Share this article

Laporan Wartawan TribunJakarta.com Elga Hikari Putra

KILASVIRAL.COM – Anggota Komisi D DPRD DKI Jakarta, Fraksi PDI Perjuangan Hardiyanto Kenneth meminta Pemprov DKI Jakarta untuk siap siaga mengantisipasi cuaca ekstrim di ibu kota.

Di antaranya dengan memastikan pembersihan saluran secara signifikan untuk memastikan aliran air tidak terhambat oleh sampah atau lumpur.

“Pemprov DKI harus siaga untuk menghadapi cuaca ekstrem pasca peralihan pancaroba.”

“Dinas SDA (Sumber Daya Air) harus melakukan pemantauan dan pembersihan saluran air secara signifikan, agar tidak terhambat sampah dan lumpur, lalu rutin melakukan pengerukan waduk di sejumlah titik di Jakarta agar meningkatkan kapasitas penampungan air,” kata Kenneth, Selasa (7/11/2023).

Selain itu, ujar dia, Pemprov DKI juga harus segera mempercepat pengerjaan pemasangan turap di seluruh bantaran kali.

Terutama di aliran Kali Ciliwung, Kali Angke, Kali Sunter dan Kali Pesanggrahan yang melewati kawasan Kelurahan Kembangan Utara, Jakarta Barat.

Kata Kenneth, hal itu dilakukan agar warga yang tinggal di bantaran kali tidak selalu menjadi korban langganan banjir.

Sebab, ia menyebut banjir di lingkungan itu sudah berlangsung selama tiga dekade.

“Percepat pembangunan turap di Aliran Kali Ciliwung, Angke, Sunter dan Pesanggrahan yang melewati kawasan Kembangan, Jakarta Barat, hal ini untuk mengantisipasi air kali yang meluap ke permukiman warga. karena rata rata warga yang tinggal di bantaran kali ini sudah mengalami bencana banjir sejak 2002 dan tidak pernah ada solusi,” kata Kenneth.

“Kemudian Pemprov juga harus segera melakukan percepatan normalisasi 12 kali/sungai serta perbaikan tanggul di wilayah Jakarta Utara dan Jakarta Barat, hal itu termasuk dalam langkah-langkah pengendalian banjir,” lanjut dia.

Permukiman warga RW 03, Kelurahan Cawang yang terdampak banjir luapan Kali Ciliwung, Kramat Jati, Jakarta Timur, Minggu (5/11/2023).
Permukiman warga RW 03, Kelurahan Cawang yang terdampak banjir luapan Kali Ciliwung, Kramat Jati, Jakarta Timur, Minggu (5/11/2023). (Bima Putra/TribunJakarta.com)

Di sisi lain, ia juga mengimbau kepada warga yang tinggal di bantaran kali agar mewaspadai air kiriman dari Bogor.

“Karena daerah Bogor saat ini kerap dilanda hujan deras dan TMA Bendung Katulampa sudah Siaga 4, itu harus diwaspadai kepada warga yang tinggal dibantaran kali, walaupun cuaca di Jakarta saat ini masih cerah berawan,” beber Kenneth.

Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, usai diguyur hujan deras pada Sabtu malam kemarin ada puluhan RT di Jakarta yang terendam sampai Minggu siang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *