Berita

Dukung Aksi Bela Palestina, Aktivis Semmi Minta Warga Boikot Produk Pro Israel

29
×

Dukung Aksi Bela Palestina, Aktivis Semmi Minta Warga Boikot Produk Pro Israel

Share this article

Laporan Wartawan TribunJakarta.com Elga Hikari Putra

KILASVIRAL.COM, GAMBIR – Dukungan untuk Palestina terus berdatangan dari berbagai pihak di Indonesia.

Pada Minggu (5/11/2023) pagi, massa dari berbagai kalangan berkumpul di Monas untuk turut ambil bagian dalam Aksi Bela Palestina.

Tak terkecuali dari kalangan aktivis mahasiswa. Di antaranya dari Ketua Bidang Hukum dan HAM Pengurus Besar Serikat Mahasiswa Muslimin Indonesia (Semmi) Gurun Arisastra.

Pria yang merupakan pelapor konten kreator Oklin Fia itu pun mengajak masyarakat untuk memboikot produk-produk pro Israel yang ada di Indonesia. 

“Tentu sikap kami tegas, mendukung bahkan mengajak masyarakat boikot Produk-produk perdagangan baik itu berupa minuman, makanan atau yang lainnya, yang mana produk itu berjualan di Indonesia lalu memberikan dana atau hasil keuntungan pada Negara Israel,” ujar Gurun.

Menurutnya, kemerdekaan Palestina adalah perintah konstitusi yang wajib dilaksanakan pemerintah dan masyarakat Indonesia. 

Hal ini termaktub dalam pembukaan Undang-Undang Dasar 1945.

“Sudah sangat jelas ya dalam alinea pertama pembukaan UUD 1945 yakni penjajahan diatas dunia harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan, serta pada alinea terakhir melaksanakan ketertiban dunia mendasarkan pada kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial.  Itu adalah kalimat berbentuk perintah dalam konstitusi,” papar Gurun.
Gurun mengatakan, dirinya berharap Indonesia bukan hanya menyatakan sikap mendukung kemerdekaan Palestina, namun mewujudkan dalam bentuk perbuatan sebagai wujud pelaksanaan amanat konstitusi. 

“Menyatakan sikap kemerdekaan pada Palestina dan memberikan bantuan berupa barang atau alat kesehatan itu bagus, kami sangat apresiasi.

Namun alangkah lebih sempurna jika pemerintah mencabut ijin usaha atau dagang produk-produk milik Israel atau produk lain yang memberikan dana pada Negara Israel, serta menghentikan kegiatan impor-ekspor Indonesia-Israel yang masih jalan,” tuturnya.

Sejumlah tokoh turut menghadiri Aksi Bela Palestina yang di gelar di Monas hari ini, diantaranya Jusuf Kalla, Anies Baswedan, Hidayat Nur Wahid, Puan Maharani hingga sejumlah menteri di kabinet Indonesia Maju.

Baca artikel menarik lainnya TribunJakarta.com di Google News

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *