Berita

Kedubes AS Dijaga TNI-Polri Saat Aksi Bela Palestina, Warga Dilarang Berfoto

35
×

Kedubes AS Dijaga TNI-Polri Saat Aksi Bela Palestina, Warga Dilarang Berfoto

Share this article

Laporan Wartawan TribunJakarta.com Elga Hikari Putra

KILASVIRAL.COM, GAMBIR – Kantor Kedutaan Besar atau Kedubes Amerika Serikat di Jalan Medan Merdeka Selatan, Gambir, Jakarta Pusat dijaga TNI-Polri saat berlangsungnya Aksi Bela Palestina di Monas.

Pantauan TribunJakarta.com di lokasi, massa peserta aksi Bela Palestina yang datang dari arah Tugu Tani diarahkan memasuki kawasan Monas dari pintu Monas Timur.

Petugas kepolisian dari Brimob serta TNI AD terlihat mengarahkan massa aksi untuk tak melintas di Jalan Medan Merdeka Selatan atau tepatnya di depan Kedubes Amerika.

Kendaraan taktis milik Brimob dan TNI AD juga terpantau terparkir di depan Kedubes AS.

Sementara itu, kawat berduri terpasang di sepanjang trotoar depan Kedubes AS.

Kendati begitu, ada beberapa massa aksi yang berhasil lolos dari hadangan TNI dan Polisi untuk jalan melewati depan Kedubes AS.

Beberapa dari mereka kemudian menyempatkan berfoto dengan mengibarkan bendera Palestina di depan  tulisan Kedubes AS.

Aksi warga itu pun ditegur oleh aparat kepolisian yang kemudian langsung berjaga di sepanjang depan Kedubes AS.

“Di sebelah sana (menunjuk arah Monas) ya pak aksinya, tidak boleh di sini,” ujar seorang aparat kepolisian saat menegur massa aksi yang berfoto, Minggu (5/11/2023).

Sampai Pukul 08.30 WIB, massa masih terus berdatangan ke Monas untuk mengikuti Aksi Bela Palestina kendati di dalam Monas sudah cukup penuh.

Sejumlah tokoh dari lintas agama turut hadir dalam Aksi Bela Palestina ini dimana tujuan utama aksi ini menuntut agar Israel segera menghentikan serangan pada Palestina.

Polisi berjaga di depan Kedubes AS. Mereka menegur warga untuk tidak berfoto di depan Kedubes AS saat Aksi Bela Palestina, Minggu (5/11/2023).

Sejumlah massa aksi yang datang tak hanya membawa bendera Palestina tapi banyak juga yang membawa atribut semangka yang juga menjadi simbol dukungan untuk Palestina.

Bahkan, sempat ada puluhan massa yang berjalan di depan Kedubes AS sambil membawa bendera Palestina ukuran raksasa sekira 10×5 meter dengan terus meneriakan dukungan kepada Palestina.

Baca artikel menarik lainnya TribunJakarta.com di Google News

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *